• Sanoebari

5 Kemampuan yang Wajib Dimiliki Social Media Marketer


Kemampuan yang Wajib Dimiliki Social Media Marketer

Photo by Georgia de Lotz on Unsplash


Ada berapa banyak aktivitas dan profesi baru yang muncul seiring dengan berkembangnya era digital? Mungkin tak terhitung. Tak jarang kita menemukan aktivitas beserta profesi yang dulunya dianggap sepele, tapi justru tumbuh pesat dewasa ini. Contohnya, aktivitas digital ads planning, search engine optimization, social media analysis, sampai social media marketing. Perkembangan kehidupan profesional mengikuti dengan dinamika sosial tanpa kita sadari. Yang mana, dalam segi bisnis, perkembangan digital dianggap menguntungkan karena membuka banyaknya lapangan pekerjaan baru bagi mereka yang ingin terjun dalam industri ini.


Salah satu aktivitas yang sangat aktif dilakukan adalah social media marketing. Aktivitas pemasaran mungkin sudah lama dilakukan oleh pegiat bisnis, tapi bagaimana dengan pemasaran dalam media sosial? Padatnya interaksi yang terjadi di media sosial membuat kanal yang satu ini menjadi sasaran empuk bagi para pemasar untuk memperkenalkan produk mereka. Kini, banyak brand lebih memilih memasarkan produk melalui media sosial ketimbang offline, karena dirasa lebih efektif secara jangkauan maupun biaya. Itu mengapa, bermunculan pula profesi seorang social media marketer, yang notabenenya menjalankan segala aktivitas pemasaran melalui media sosial.


Lalu, kemampuan apa saja yang wajib dimiliki jika kita ingin menjadi seorang social media marketer?


1. Copywriting


Aktivitas di media sosial lebih banyak kita lakukan dalam bentuk tulisan, visual, dan audiovisual. Itu mengapa, kemampuan copywriting dibutuhkan untuk memasarkan dan mengiklankan produk kita kepada target khalayak. Tujuan dari copywriting adalah untuk mendorong aktivitas penjualan, untuk itu seorang social media marketer diharapkan mampu merumuskan pesan promosinya melalui kata-kata yang menarik. Copywriting dianggap sebagai alat untuk memantik rasa penasaran khalayak mengenal brand kita lebih jauh.


2. Design Graphic


Jika copywriting berusaha menarik rasa penasaran, grafis adalah unsur pertama yang bisa memancing perhatian khalayak. Pernah lihat iklan dengan copywriting yang bagus tapi visual yang kurang menarik? Pasti kita jadi nggak semangat untuk cari tahu brand tersebut lebih lanjut, kan? Itu mengapa, kemampuan desain grafis wajib dimiliki oleh social media marketer, karena calon pelanggan kita di media sosial membutuhkan gambaran seperti apa produk kita, yang tidak cukup dijelaskan melalui kata-kata. Visual yang dibuat pun tidak boleh sembarangan, kita harus memiliki ciri khas agar khalayak akan dengan mudah menempatkan brand kita dalam top of mind mereka!


3. Customer Service


Memasarkan produk di media sosial tetap membutuhkan kemampuan customer service? Tentu saja! Jika dulu kita hanya perlu melakukan aktivitas ini ketika berhadapan secara langsung dengan calon pelanggan, kini kita harus melakukannya di balik layar. Meski begitu, kemampuan customer service tetap dibutuhkan untuk membantu calon pelanggan kita mengenal produk yang kita miliki. Seorang social media marketer yang memiliki kemampuan customer service yang baik tidak hanya mampu menarik penjualan, tetapi juga membuat pelanggan nyaman untuk membeli produk kita di masa depan. Sebal, kan, kalau kamu beli produk tapi penjualnya justru tidak melayani dengan baik? Untuk itu, kemampuan customer service tidak boleh dilewatkan bagi seorang social media marketer!


4. Analytics


Salah satu kemampuan yang sering dilupakan oleh pemasar adalah analitik. Tak jarang, kita terlalu fokus pada hasil kampanye produk maupun promosi dalam bentuk uang, namun tidak memperhatikan analitik dari aktivitas yang kita lakukan. Seorang social media marketer wajib memiliki kemampuan analitik, karena ini adalah salah satu cara untuk mengukur seberapa efektif aktivitas pemasaran yang sudah kita lakukan. Di media sosial sendiri biasanya sudah disediakan masing-masing alat analitik yang bisa mendukung seorang social media marketer menganalisis aktivitasnya. Berapa impresi dan jangkauan yang didapatkan? Apakah kampanye ini menarik penjualan? Apakah khalayak menyukai kontennya? Semua pertanyaan itu dapat dijawab melalui analitik. Hasil dari analitik ini tak hanya semata-mata berguna untuk laporan, tetapi juga evaluasi untuk aktivitas pemasaran ke depannya. 


5. Budgeting


Kata siapa mengurus keuangan cuma dilakukan oleh bendahara? Seorang social media marketer juga harus mahir dalam mengelola keuangan. Memangnya apa saja keuangan yang harus dikelola? Banyak. Kita pasti akan membutuhkan uang untuk perencanaan iklan digital, bekerja sama dengan influencer, menjalankan kampanye produk, hingga merekrut jasa agensi kreatif untuk membantu kita melakukan aktivitas pemasaran. Seperti halnya aktivitas pemasaran secara offline, kita harus tetap mengatur keuangan seefektif mungkin untuk mencapai hasil yang maksimal. Jangan sampai, kita mengeluarkan uang terlalu banyak, namun mendatangkan hasil yang tidak optimal karena tidak memiliki empat kemampuan di atas dengan baik. Atau, mengharapkan hasil yang maksimal dengan keuangan yang tak teratur.


Nah, itu dia 5 kemampuan yang wajib dimiliki oleh social media marketer! Jika kamu tertarik untuk menjadi seorang social media marketer di masa depan, kamu bisa mulai belajar 5 kemampuan ini dari sekarang, dimulai dari proyek paling sederhana terlebih dahulu. Tidak ada sesuatu yang dapat dicapai tanpa belajar, that’s why stay hungry for knowledge is a must!

32 views